Minggu, 19 Februari 2017

Obat Penyakit Lupus Eritematosus Sistemik

Obat Penyakit Lupus Eritematosus Sistemik

Obat penyakit lupus eritematosus sistemik - Memang tak banyak yang menderita penyakit lupus, akan tetapi penyakit lupus ini termasuk salah satu penyakit yang sangat mematikan dan bahkan sampai saat ini masih belum ada obatnya. Penyakit lupus termasuk lupus eritematosus sistemik sendiri tidak bisa disembuhkan. 

Dan tujuan pengobatan yang tersedia sampai saat ini dalam rangka mengatasi masalah penyakit lupus eritematosus sistemik adalah dalam rangka membantu untuk mengurangi tingkat gejala, mencegah berbagai masalah kerusakan organ dalam dan juga dapat membantu meminimalkan dampaknya pada kehidupan penderita SLE sendiri. Lantas apa saja obat penyakit lupus eritematosus sistemik yang cocok Anda gunakan?

Obat Penyakit Lupus Eritematosus Sistemik

Hindari paparan sinar matahari langsung
Melindungi kulit dari paparan sinar matahari memang sangat penting bagi para penderita SLE. Hal ini karena ruam akibat SLE bisa bertambah parah ketika terkena sinar matahari secara langsung. Dan langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hal semacam ini dengan :
  • Mengenakan pakaian yang menutupi seluruh bagian kulit Anda.
  • Mengenakan topi dan kacamata hitam.
  • Mengoleskan tabir surya dengan dosis tinggi agar kulit tidak terbakar matahari.

Menggunakan obat anti inflamasi nonsteroid
Nyeri sendi atau nyeri otot sebenarnya merupakan salah satu gejala utama dari SLE. Dan mungkin nantinya dokter akan memberi obat anti inflamasi nonsteroid untuk mengurangi gejala yang seperti ini. Obat anti inflamasi nonsteroid sendiri merupakan pereda sakit yang dapat mengurangi inflamasi yang terjadi pada tubuh. Dan jenis obat yang umumnya diberikan dokter pada penderita SLE ini juga meliputi ibuprofen, naproxen, piroxicam dan masih banyak lagi. Jenis obat ini juga sudah dijual bebas dan dapat mengobati masalah nyeri sendi atau otot yang ringan. Tetapi Anda juga butuh obat dengan resep dokter jika memang mengalami nyeri sendi atau otot yang jauh lebih parah.

Kortikosteroid
Kortikosteroid ini akan dapat membantu mengurangi inflamasi dengan cepat dan sangat efektif. Obat ini juga biasanya diberikan oleh dokter jika memang penderita SLE mengalami masalah gejala atau serangan yang lebih parah. Kemudian untuk dapat mengendalikan gejala serta serangan, pada tahap awal pemberian obat ini mungkin akan berdosis tinggi. Kemudian dosisnya akan diturunkan secara bertahap seiring dengan kondisi penderita yang semakin lama semakin membaik.

Hydroxychloroquine
Selain juga dapat digunakan untuk menangani masalah malaria, obat ini juga sangat efektif untuk mengobati beberapa gejala utama dari SLE diantaranya seperti :
  • Nyeri sendi dan otot
  • Kelelahan
  • Ruam pada kulit
  • Mencegah serangan yang parah
  • Mengendalikan gejala
  • Mencegah perkembangan komplikasi yang lebih serius.
Itulah sedikit informasi untuk Anda tentang obat penyakit lupus eritematosus sistemik. Mari jaga selalu kesehatan Anda supaya terhindar dari masalah kesehatan yang seperti ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar